Breaking News
Loading...
Saturday, October 31, 2015

Keraton Taman Sari - Taman Istana Raja Yogyakarta

9:21 AM
DREAMS46Keraton Taman Sari - Taman Istana Raja Yogyakarta. Keraton Taman Sari merupakan Taman Istana yang memiliki gaya arsitektur unuk karena merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Jawa dan Portugis. Keraton Taman Sari terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim no.129, Yogyakarta. Sultan Hamengkubuwono I dulunya memang dibantu arsitek - arsitek dari Portugis saat hendak membangun Taman Sari ini.


Hal pertama yang mengesankan saat anda berkunjung ke Taman Sari adalah gapura unik dengan ukiran - ukiran cantik yang menjadi pintu masuk di Taman Sari. Kemudian anda akan menemui dua kolam besar dengan air yang biru setelah memasuki pintu itu. Konon, kolam tersebut adalah tempat mandi para putri dan selir - selir raja.

Keistimewaan lainnya dari Taman Sari adalah masjid bawah tanah yang menuju ke sana anda harus melewati lorong - lorong panjang dan tangga - tangga. Gaya arsitektur masjid ini berbentuk lingkaran yang di tengah - tengahnya ada sebuah sumur yang disebut Sumur Gumilang. Masjid ini dulunya digunakan sultan untuk sholat.

Untuk harga tiket masuk cukup murah, hanya 3000 rupiah. Di situ, akan terdapat banyak orang yang menawarkan jasa menjadi pemandu yang tentunya berlisensi dengan tari sekitar 10.000 - 20.000 rupiah. Di Taman Sari juga terdapat banyak tempat makan sehingga anda tidak perlu khawatir akan kelaparan di sana. Taman Sari buka hari Senin - Minggu dari pukul 09.00 - 15.30 WIB.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer