Breaking News
Loading...
Friday, October 30, 2015

Makanan Khas Kota Pahlawan ( Surabaya )

1:32 PM
DREAMS46 - Makanan Khas Kota Pahlawan ( Surabaya ). Surabaya merupakan kota metropolitan nomer 2 setelah Jakarta. Selain sebagai kota industri, Surabaya juga dijuluki Kota Pahlawan. Di Surabaya terdapat banyak bangunan - bangunan tua yang dulunya bekas jaman Belanda. Di Surabaya juga terdapat banyak taman - taman dan salah satunya adalah Taman Bungkul yang sudah terkenal sampai tingkat Asia Tenggara.

Tidak ketinggalan juga, ternyata Surabaya memiliki banyak Makanan Khas. Jika anda berkunjung ke Surabaya tidak ada salahnya buat mencoba Makanan Khas Surabaya yang dijamin bisa menggoyang lidah anda.

Berikut beberapa macam Makanan Khas Surabaya, yakni
  • Rujak Cingur
Rujak merupakan makanan yang sudah terkenal di banyak tempat di Indonesia. Namun, ada yang berbeda dengan jenis rujak yang ada di Surabaya. Rujak Cingur merupakan salah satu Makanan Khas Surabaya


Cingur atau Congor yang dalam bahasa jawa berarti mulut atau moncong. Yang dimaksud di sini adalah moncong sapi yang diiris tipis - tipis yang dijadikan bahan Makanan Khas Surabaya ini. Tidak hanya itu, rujak ini juga ditambah dengan irisan buah - buahan seperti bengkuang, timun, belimbing dan lain - lain. Rujak ini juga ditambah sayur - sayuran seperti, kecambah, tahu, tempe, kacang panjang dll. Kemudian rujak ini juga diberi bumbu kacang yang dicamput petis udang dan makanan ini cocok sebagai teman makan siang.
  • Tahu Tek

Tahu Tek adalah Makanan Khas Surabaya yang sering kita jumpai malam hari. Tahu Tek sendiri merupakan makanan yang berbahan tahu yang digoreng kemudian dipotong kotak - kotak yang biasa dihidangkan bersama lontong dan ditaburi bawang goreng dan krupuk kecil - kecil.
  • Pecel Semanggi

Semanggi merupakan makanan Jawa Timuran yang paling banyak kita temui di Surabaya. Makanan ini berbahan daun semanggi yang dikukus dan disiram sambel pecel. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan wadah daun pisang.
  • Lontong Balap

Siapa yang tidak tahu Makanan Khas Surabaya yang satu ini. Lontong Balap merupakan makanan yang paling sering kita jumpai di seluruh penjuru Surabaya. Makanan ini berbahan lontong dengan sayuran kecambah. Tidak hanya itu, makanan ini biasanya ditaburi bawang goreng  dan lento ( kedelai yang digoreng bulat ) di atasnya. Biasanya Lontong Balap lebih nikmat disantap dengan sambal petis dan sate kerang.
  • Sate Kol

Kol merupakan binatang yang menyerupai siput tetapi binatang ini lebih besar dan biasanya sering kita jumpai di area persawahan. Makanan Khas Surabaya ini biasanya disajikan dengan beberapa kol yang ditusuk seperti sate kemudian disiram dengan bumbu kecap.

Nah, mungkin beberapa Makanan Khas Surabaya tadi bisa menjadi tujuan anda saat berkunjung atau jalan - jalan di Surabaya

Baca juga artikel: Es Kuburan Mantan - Inovasi Unik Untuk Yang Disakiti Mantan

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer