Breaking News
Loading...
Wednesday, March 9, 2016

Keeksotisan Pulau Merah Banyuwangi

10:14 AM
DREAMS46Keeksotisan Pulau Merah Banyuwangi. Pulau Merah adalah salah satu pantai serta objek wisata Banyuwangi yang terletak di Kecamatan Pesanggaran. Objek wisata ini telah dipromosikan pemerintah Kab. Banyuwangi sebagai salah satu wisata unggulan selain wisata Kawah Ijen yang terkenal dengan api biru atau Blue Fire. Dinamakan Pulau Merah sendiri berasal dari pancaran sinar merah.


Pantai Pulau Merah yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini dikenal karena punya bukit hijau kecil dengan pantai sejauh 200 meter dan tanah yang berwarna kemerahan terdapat di bibir pantai. Bukit tersebut dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut. Di sana terdapat sebuah pura yakni Pura Tawang Alun yang biasanya digunakan umat Hindu di sana untuk menggelar upacara Mekiyis. Hal ini mirip dengan Pura Luhur Poten yang terletak di wisata Bromo yang terkenal upacara Kasada.

Pantai Pulau Merah ini hampir serupa dengan Pantai Kuta di Bali atau Pantai Papuma di Jember yang sangat cocok untuk pecinta dunia selancar dengan ombak yang mencapai 2 sampai 3 meter. Saat yang tepat untuk mencoba berselancar di sini adalah pada bulan Mei sampai Desember karena ombaknya terbilang ideal untuk berselancar. Namun di bulan lain juga tidak kalah indahnya pemandangan Pulau Merah ini.


Untuk menuju Pulau Merah, dari Kota Banyuwangi anda dapat menuju arah selatan dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam atau 60 kilometer menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Anda bisa pula mengakses rute Pulau Merah dari Kota Jember dengan jarak 100 kilometer. Dengan lewat jalan nasional Jember - Banyuwangi, setelah tiba di Kec. Genteng Banyuwangi belok ke arah selatan dengan jalanan aspal sekitar 15 kilometer sampai ke Kec. Gambiran. Kemudian anda meneruskan perjalanan menuju Kec. Pesanggaran dengan dipandu rambu - rambu sampai tiba di Pulau Merah.

Baca juga artikel: Pantai Plengkung ( G - Land ) Banyuwangi

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer