Breaking News
Loading...
Friday, November 6, 2015

Pantai Plengkung ( G - Land ) Banyuwangi

8:21 AM
DREAMS46Pantai Plengkung ( G - Land ) Banyuwangi. Banyuwangi merupakan salah satu nama kota yang ada di bagian paling timur Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata yang tidak kalah menariknya dengan tempat - tempat wisata di kota lain. Di kota ini  terdapat salah satu objek wisata yang menjadi peselancar lokal maupun mancanegara yakni Pantai Plengkung.


Pantai Plengkung berada di pantai selatan Banyuwangi, tepatnya di ujung timur Jawa Timur. Pantai Plengkung lebih akrab disebut dengan nama G-Land oleh para wisatawan. Huruf "G" sendiri memiliki 3 pengertian, yakni "G" yang berarti Grajakan, merupakan nama sebuah teluk yang memiliki ombak besar, "G" yang berarti Green yang maksudnya adalah pantai ini yang masih alami dan letaknya di tepi hutan tropis yang hijau, dan "G" yang berarti Great yang menggambarkan bahwa ombak yang begitu besar dan panjang.

Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai di Banyuwangi yang memiliki ombak kelas terbaik kelas dunia dan menjadi avorit peselancar lokal dan mancanegara. Ombaknya pun bisa mencapai ketinggian antara 4 - 8 meter dengan panjang 2 kilometer dalam formasi 7 gelombang tersusun. Pantai dengan karakteristik seperti ini hanya bisa ditemui di beberapa negara saja, yakni Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan. Oleh sebab itu, para peselancar kelas dunia menjuluki pantai ini sebagai The Seven Giant Waves Wonder yang berarti salah satu dari 7 tempat surfing terbaik di dunia.


Di pantai ini pernah diadakan bebrapa lomba selancar dunia, salah satunya adalah Quiksilver Pro Surfing Championship pada tahun 1995, 1996, dan 1997. Untuk menikmati Pantai Plengkung sebaiknya pada bulan Juni - September karena pada bulan tersebut ombaknya sedang bagus - bagusnya untuk surfing. Jika beruntung, anda bisa menyaksikan pertunjukan kesenian budaya masyarakat di Taman Nasional Alas Purwo.

Untuk menuju Pantai Plengkung, anda dari Banyuwangi menuju ke Tegaldlimo kurang lebih 2 jam perjalanan. Setelah dari Tegaldlimo anda menuju pos pancur yang berada di Taman Nasional Alas Purwo sekitar 30 menit perjalanan. Dari pos pancur ini ada 3 pilihan untuk ke Pantai Plengkung, antara lain berjalan selama 2 jam, meyewa jeep atau motor trail milik pengelola Taman Nasional Alas Purwo.

Baca juga artikel: Air Terjun Jagir, Wisata Baru Di Banyuwangi

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer