Breaking News
Loading...
Sunday, November 15, 2015

Pesona Air Terjun Madakaripura

9:48 PM
DREAMS46Pesona Air Terjun Madakaripura. Satu lagi air terjun unik yang terdapat di Probolinggo, Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tngger Semeru tepatnya berada di Desa Sapih, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura ini berada di atas tebing - tebing yang menjulang tinggi dan airnya yang jatuh seakan - akan membentuk tirai di setiap dinding tebingnya.


Air Terjun Madakaripura berada di daerah pegunungan sehingga memiliki suasana yang sejuk dengan pemandangan hijau khas daerah pegunungan. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 200 meter setelah Air Terjun Sigura - Gura yang ada di Kab. Toba Samosir. Perapat, Sumatera Utara. Aliran air dari Air Terjun Madakaripura tidak pernah berhenti bahkan pada musim kemarau sehingga banyak yang menjuluki air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Abadi.


Konon menurut kitab Jawa Kuno Negarakertagama, Madakaripura dulunya adalah sebidang tanah yang diberikan oleh Raja Majapahit yakni Hayam Wuruk kepada seorang patihnya yakni Gajah Mada. Konon di tempat ini Gajah Mada menghilang secara fisik dan spiritual dari muka bumi. Oleh karena itu dibuatlah patung Gajah Mada dengan ukuran sangat besar. Air dari Air Terjun Madakaripura ini masih dianggap umat Hindu sebagai Tirta Sewana ( air suci ) sehingga setiap tahunnya air dari air terjun ini digunakan untuk prosesi Mendhak Tirta.


Akses menuju Air Terjun Madakaripura kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan dengan rute dari Surabaya - Sidoarjo - Pasuruan - Probolinggo. Nanti anda mengikuti papan penunjuk jalan yang menuju ke arah Bromo dan Air Terjun Madakaripura. Sesampainya di tempat parkir, anda masih harus melanjutkan dengan jalan kaki sekitar 1 km melewati jalan setapak dan menyebrangi sungai untuk mencapai lokasi air terjun. Harga tiket masuk cukup murah yakni Rp 3.000 per orang.

Baca juga artikel: Air Terjun Jagir, Wisata Baru Di Banyuwangi

1 comments:

  1. Terima kasih infonya. Kalau boleh tau, air terjun ini lokasi nya jauh tidak dengan BJBR wisata mangrove itu?

    ReplyDelete

 
Toggle Footer