Breaking News
Loading...
Monday, November 9, 2015

Pesona Telaga Warna - Warni Jogja

3:12 PM
DREAMS46 - Pesona Telaga Warna - Warni Jogja. Telaga Warna terletak di Desa Dieng Wetan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 114 km dari pusat Kota Yogyakarta. Telaga ini merupakan wisata andalan Kab. Wonosobo.


Telaga Warna terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl sehingga hawanya sejuk dan suasananya yang sangat asri dengan hutan rimbun yang mengelilinginya. Telaga ini juga dihiasi dengan beberapa candi bercorak Hindu yang bisa kita temukan di sekitaran telaga. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang datang untuk mengunjung telaga ini saat musim liburan. Air telaga ini sendiri berwarna kehijau - hijauan dan tidak ada riak sama sekali serta dihiasi dengan kabut putih tipis.

Konon asal mula nama Telaga Warna karena airnya yang bisa berganti - ganti warna. Kdang berwarna hijau, kadang kuning, dan kadang seperti pelangi. Sungguh unik bukan?? Fenomena ini merupakan kandungan sulfur yang ada di dalam telaga yang cukp tinggi sehingga apabila terkena panas matahari akan menciptakan warna - warni pada airnya. Bahkan seringkali kluar letupan air yang mendidih.

Telaga Warna ini selain sebagai tempat wisata ternyata telangga ini juga bermanaat untuk masyarakat sekitar sebagai sumber irigasi. Selain wisata ini, terdapat juga beberapa tempat wisata menarik lainnya, yaitu Telaga Pengilon ( Telaga Cerminan Diri ), Goa Sumur, Goa Semar, Goa Jaran, dan Kawah Sikidang.


Sebelum pergi mengunjungi Telaga Warna ini, sebaiknya membawa makanan sendiri dari rumah atau beli selama perjalanan karena di telaga ini tidak ada yang berjualan makanan. Mengingat Telaga Warna ini masih terletak di wilayah Dieng sehingga untuk akses ke sana, yakni dari pusat Kota Yogyakarta - Magelang - Wonosobo - Dieng sekitar 114 km dengan kira - kira 3 jam perjalanan dngan kendaraan pribadi. Untuk biaya masuk wisata ini, anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000/orang dan itu sudah termasuk Telaga Warna dan wisata - wisata sekitarnya. Nah, Tempat ini bisa menjadi salah tujuan anda dan keluarga yang tidak boleh dilewatkan.

Baca juga artikel: Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer