Breaking News
Loading...
Sunday, November 15, 2015

Pantai Balekambang Malang - Tanah Lotnya Jawa Timur

10:28 AM
DREAMS46 - Pantai Balekambang Malang - Tanah Lotnya Jawa Timur. Pantai Balekambang terletak di Malang sebelah selatan tepatnya di Desa Srigoco, Kec. Bantur yang jaraknya kurang lebih 50 km dari Kepajen ke arah selatan Malang, Jawa Timur. Pantai Balekambang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur khususnya di Malang setelah Pantai Goa Cina dan Pulau Sempu. Banyaknya pantai di daerah selatan Pulau Jawa terkesan memiliki keunikan masing - masing seperti Pantai Balekambang ini yang mirip dengan Tanah Lot Bali.


Pantai Balekambang ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa dengan birunya laut yang dipadu dengan hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini ternilang masih alami dan terawat sehingga pantainya kelihatan bersih. Saat air laut surut, anda dapat melihat berbagai macam karang laut dan biota laut yang berkerumun. Ombak di pantai ini terbilang tidak terlalu besar sehingga anda bisa berenang tetapi tidak boleh melebihi tanda area berbahaya.

Di lepas Pantai Balekambang, anda dapat melihat 3 buah pulau, yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Pulau Ismoyo dihubungkan dengan jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai dan di atasnya terdapat sebuah pura yakni Pura Amerta Jati. Oleh sebab itu, Pantai Balekambang ini dibilang mirip dengan Tanah Lot Bali.


Pura Amerta Jati sendiri dibangun pada tahun 1985 atas prakarsa Bupati Malng Edi Slamet yang didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya acara keagamaan. Warga yang masih memegang tradisi biasanya menggelar upacara Suroan dan upacara Jalanidha Puja pada bulan Suro.


Mengenai fasilitas di Pantai Balekambang, anda tidak perlu khawatir karena di pantai ini sudah disediakan mushola, toilet umum, warung dan kios- kios yang menyediakan makanan seta minuman. Untuk masuk Pantai Balekambang, anda perlu mengeluarkan biaya tiket yang agak dalam yakni Rp 15.000 per orang. Adapun penginapan buat anda yang berniat menginap di pantai ini dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000 - Rp 500.000 per malam tergantung fasilitas yang diinginkan. Jika anda berniat berwisata ke pantai di daerah Malang, mungkin Pantai Balekambang ini jadi salah satu tujuan yang tidak boleh dilewatkan.

Baca juga artikel: Pantai Clungup Kabupaten Malang dan Pantai 3 Warna - Malang

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer