Breaking News
Loading...
Tuesday, November 10, 2015

Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali

1:37 PM
DREAMS46 - Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali. Mungkin sebagian dari anda yang sering berkunjung ke Bali tentunya mengenal objek wisata satu ini, yakni Tirta Gangga. Tirta Gangga merupakan taman air yang dimiliki oleh keluarga Kerajaan Karangasem. Arti dari nama Tirta Gangga sendiri berasal dari kata "Tirta" yang artinya air dan kata "Gangga" yang artinya nama sungai di India. Jadi Tirta Gangga dianggap sebagai air suci bagi mayoritas Hindu di Bali.


Dahulu, tempat ini merupakan sumber air yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat sebagai kebutuhan air minum dan jauh sebelumnya juga mereka meyakini bahwa sumber air di sini merupakan air suci. Oleh karena itu, dibuatlah taman atas prakarsa Raja Karangasem dan Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1948. Saat ini, air dari Tirta Gangga ini hanya digunakan untuk keperluan upacara agama yang diadakan di pura - pura sekitar Tirta Gangga.

Arsitektur dari Tirta Gangga sendiri sangat menarik dengan perpaduan antara arsitektur tradisional Bali, Eropa, dan China yang mampu memikat hati wisatawan untuk datang berkunjung. Pemandangan sekitarnya juga sangat indah. Oleh sebab itu, Tirta Gangga dijadikan sebagai objek wisata karena menyimpan banyak sejarah orang - orang terdahulu.


Suasana Tirta Gangga seperti dalam area pedesaan yang memiliki udara sejuk dan kesegarannya sangat terasa. Terdapat banyak kolam yang dihiasi dengan ikan mas dan patung - patung yang berdiri kokoh di pinggir kolam. Terdapat juga sebuah kolam renang yang bisa pengunjung gunakan untuk berenang sekaligus menikmati mata air yang cukup dingin ini. Jika anda berniat berkunjung ke Tirta Gangga, anda bisa langsung ke Desa Abang, Karangasem, Bali sekitar kurang lebih 6 km kalau dari arah utara Amlapura, Bali.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer