Breaking News
Loading...
Friday, November 6, 2015

Fenomena Blue Fire Di Puncak Kawah Ijen

9:06 AM
DREAMS46Fenomena Blue Fire Di Puncak Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan sebuah kawah yang ada di puncak Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowosao yang masuk wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, tepatnya di Kec. Licin, Kab. Banyuwangi dan Kec. Klobang, Kab. Bondowoso, Jawa Timur. Kawah ini terletak di ketinggian 2.386 mdpl dan merupakan kawah terasam di dunia dengan ph 0,5 dan kawah danau terbesar di Pulau Jawa dengan luas sekitar 5.466 hktar yang berbentuk elips dengan ukuran 960 meter x 600 meter. Ketinggian permukaan air danau di Kawah Ijen mencapai 2.140 meter dengan kedalaman sekitar 200 meter yang berisi sekitar 36 juta meter kubik air asam beruap. Kawah ini airnya berwarna hijau tosca dan terdapat ukuran dan warna batu belerang di dalamnya menjadikannya pesona tersendiri.


Banyak wisatawan mancanegara yang terpesona dengan keindahan Kawah Ijen ini karena di atas kawah diselimuti kabut dan asap belerang. Terdapat deretan gunung yang bisa anda lihat dari pos paltuding di Gunung Ijen, antara lain Gunung Merapi, Gunung Widodaren, Gunung Ranti dan Gunung Rapak. Hilir mudik penambang belerang menjadi pemandangan sehari - hari di puncak Gunung Ijen.


Jika anda berkunjung ke Kawah Ijen, sebaiknya pada musim kemarau antara bulan Juli - September. Untuk mulai naik ke puncak, sebaiknya dimulai malam hari agar anda bisa melihat pemandangan Blue Fire yang muncul di tengah - tengah penambangan sulfur. Fenomena Blue Fire sendiri berakhir sampai dini hari.

Untuk akses menuju Kawah Ijen, anda disarankan untuk berhati - hati karena jalanan yang menanjak dan sedikit sempit. Harga tiket masuk Kawah Ijen sekitar Rp.2.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000/orang untuk wisatawan mancanegara.

Baca juga artikel: Air Terjun Jagir, Wisata Baru Di Banyuwangi

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer